Sepertinya masih kemaren saja yang hari-harinya disuapin bukti transaksi, dicokol Debet dan Kredit, berkutat dengan jurnal-jurnal transaksi. Ternyata itu sudah 4 tahun yang lalu hehehe ...
Dan tiba-tiba saja saya jadi inget MYOB, yang kemaren (maksudnya jaman sekolah) menjadi salah satu dari sedikit mata pelajaran yang dihindari. Tapi setelah ditekuni malah jadi mapel yang paling disukai.
Jadi untuk mengenang masa lalu dan sedikit nostalgila, berikut saya pos-kan step by step pengoperasian MYOB untuk Perusahaan Dagang. Semoga sedikit hasil dari kenangan masa lalu ini dapat bermanfaat.
Sebelum masuk ke step pertama, ada beberapa syarat yang harus sampean-sampean kompliti hlo. Pertama sampean harus punya komputer, yang kedua komputer sudah dalam keadaan hidup dan yang terahir komputer sampean harus sudah terinstal MYOB.
Karena yang saya pakai masih MYOB versi 17 jadi untuk versi-versi yang baru mungkin ada sedikit perbedaan. Kayane sih muk sithik, nek padane akeh sampean coret-coret wae neng kolom komentar, mengko tak ulase
Karena yang saya pakai masih MYOB versi 17 jadi untuk versi-versi yang baru mungkin ada sedikit perbedaan. Kayane sih muk sithik, nek padane akeh sampean coret-coret wae neng kolom komentar, mengko tak ulase
PENGOPERASIAN MYOB (MIND YOUR OWN
BUSINESS) VERSI 17
PADA PERUSAHAAN DAGANG
Dalam
menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi di perusahaan dengan menggunakan MYOB,
ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan sebelum dapat membuat transaksi
dan kegiatan lainnya. Berikut tahapan tahapan yang harus dilakukan :
A.
MENETAPKAN
SETUP IDENTITAS PERUSAHAAN
Ø Buka shortcut MYOB hingga muncul halaman awal MYOB
Ø Pilih Create untuk membuat data baru atau pilih Open untuk membuka file yang sudah kita simpan (kita pilih Create karena akan membuat data baru)
Ø Selanjutnya pada jendela Introduction klik Next karena tidak ada isian
Ø Pada jendela Company Information isikan data perusahaan
Ø Klik Next, pada jendela Accounting information isikan data-data berikut :
Ø Buka shortcut MYOB hingga muncul halaman awal MYOB
Ø Pilih Create untuk membuat data baru atau pilih Open untuk membuka file yang sudah kita simpan (kita pilih Create karena akan membuat data baru)
Ø Selanjutnya pada jendela Introduction klik Next karena tidak ada isian
Ø Pada jendela Company Information isikan data perusahaan
Ø Klik Next, pada jendela Accounting information isikan data-data berikut :
Current financial year : diisi tahun kejadian transaksi
Last month of financial
year : December
Conversion month : December
Number of accounting
period : Thirteen
Ø Klik Next untuk melihat ringkasan data yang telah diisikan, tekan Back jika ada data yang harus dibetulkan
Ø Pada jendela Account list pilih bagian ketiga ( I would like to build….) kemudian tekan Next
Ø Klik Change untuk menyimpan file database
Ø Langkah terahir pada jendela Conclusion pilih Command Centres
Ø Klik Next untuk melihat ringkasan data yang telah diisikan, tekan Back jika ada data yang harus dibetulkan
Ø Pada jendela Account list pilih bagian ketiga ( I would like to build….) kemudian tekan Next
Ø Klik Change untuk menyimpan file database
Ø Langkah terahir pada jendela Conclusion pilih Command Centres
B.
MENETAPKAN
SETUP NOMOR DAN NAMA AKUN
Ø Klik Account pada Command Centre, klik Account List hingga muncul jendela Account List
Ø Masukkan nomor dan nama akun yang ada pada lembar soal sesuai dengan kelompok akun yang disediakan
Ø Ganti akun-akun yang ada dengan akun baru yang sesuai dengan akun-akun yang ada pada lembar soal
Ø Jika masih kurang, klik tombol New yang ada pada bagian bawah jendela Account List untuk membuat akun baru
Ø Klik Account pada Command Centre, klik Account List hingga muncul jendela Account List
Ø Masukkan nomor dan nama akun yang ada pada lembar soal sesuai dengan kelompok akun yang disediakan
Ø Ganti akun-akun yang ada dengan akun baru yang sesuai dengan akun-akun yang ada pada lembar soal
Ø Jika masih kurang, klik tombol New yang ada pada bagian bawah jendela Account List untuk membuat akun baru
C.
MENETAPKAN
KODE PAJAK
Ø Klik List pada menu baris, kemudian pilih Tax Codes
Ø Setelah jendela Tax Code List ditampilkan klik dua kali VAT (Value Added Tax)
Ø Pada Tax Code Information Isikan 10% pada field Rate dan pada field Linked Account for Tax Collected isikan PPN Outcome serta pada field Linked Account for Tax Paid isikan PPN Income kemudian OK
Ø Klik List pada menu baris, kemudian pilih Tax Codes
Ø Setelah jendela Tax Code List ditampilkan klik dua kali VAT (Value Added Tax)
Ø Pada Tax Code Information Isikan 10% pada field Rate dan pada field Linked Account for Tax Collected isikan PPN Outcome serta pada field Linked Account for Tax Paid isikan PPN Income kemudian OK
D.
MENETAPKAN
LINKED ACCOUNT
Ø Klik Setup pada menu baris, pilih Linked Account > Sales Account
Ø Pada field Asset Account for Tracking Receivables : pilih Account Receivable
Ø Pada field Bank Account for Customer Receipts : pilih Cash in Bank
Ø Selanjutnya, klik Setup pada menu baris, pilih Linked Account > Purchases Account
Ø Pada field Liability Account for Tracking Payables : pilih Account Payable
Ø Pada field Bank Account for Paying Bill : pilih Cash in Bank
Ø Kosongi semua pilihan selain yang di isi tersebut
Ø Klik Setup pada menu baris, pilih Linked Account > Sales Account
Ø Pada field Asset Account for Tracking Receivables : pilih Account Receivable
Ø Pada field Bank Account for Customer Receipts : pilih Cash in Bank
Ø Selanjutnya, klik Setup pada menu baris, pilih Linked Account > Purchases Account
Ø Pada field Liability Account for Tracking Payables : pilih Account Payable
Ø Pada field Bank Account for Paying Bill : pilih Cash in Bank
Ø Kosongi semua pilihan selain yang di isi tersebut
E.
MENETAPKAN
MATA UANG
Ø Klik Start pada pojok kiri layar computer, kemudian klik Control Panel
Ø Setelah jendela Control Panel ditampilkan pilih Regional and Language Options, kemudian klik tabulasi Regional Option
Ø Pada kolom Select an item to its preferences, or click customize to choose your own formats : pilih Indonesian
Ø Pada kolom Location : pilih Indonesian, klik tombol Apply lalu OK untuk keluar dari Control Panel
Ø Agar symbol mata uang tampil dalam setiap transaksi lakukan langkah-langkah berikut :
Ø Klik Start pada pojok kiri layar computer, kemudian klik Control Panel
Ø Setelah jendela Control Panel ditampilkan pilih Regional and Language Options, kemudian klik tabulasi Regional Option
Ø Pada kolom Select an item to its preferences, or click customize to choose your own formats : pilih Indonesian
Ø Pada kolom Location : pilih Indonesian, klik tombol Apply lalu OK untuk keluar dari Control Panel
Ø Agar symbol mata uang tampil dalam setiap transaksi lakukan langkah-langkah berikut :
Masuk ke halaman awal
Command Centre kemudian klik Setup pada
menu baris, kemudian klik Preferences, selanjutnya
klik tab Windows dan beri tanda ( Ö
) pada field Show currency symbol in windows.
Klik tabulasi Reports & Forms beri tanda ( Ö
) pada field Include currency symbol in
report, kemudian klik OK untuk menutup jendela Preference
F.
MENCATAT
SALDO AWAL NERACA
Ø Klik Setup pada menu baris, selanjutnya klik Balance, pilih Accounts Opening Balance
Ø Isikan saldo awal setiap akun sesuai dengan neraca yang ada pada lembar soal
Ø Untuk memastikan kebenaran data saldo yang dimasukkan, lihat bagian bawah jendela pada Amount left to be allocated harus tertulis Rp.0,00
Ø Klik OK bila data yang dimasukkan sudah benar
Ø Untuk melihat saldo awal neraca yang sudah di input, klik Reports > Index to report > Trial balance > Customise
Ø Iskan data berikut pada tabulasi Advanced Filters
Ø Klik Setup pada menu baris, selanjutnya klik Balance, pilih Accounts Opening Balance
Ø Isikan saldo awal setiap akun sesuai dengan neraca yang ada pada lembar soal
Ø Untuk memastikan kebenaran data saldo yang dimasukkan, lihat bagian bawah jendela pada Amount left to be allocated harus tertulis Rp.0,00
Ø Klik OK bila data yang dimasukkan sudah benar
Ø Untuk melihat saldo awal neraca yang sudah di input, klik Reports > Index to report > Trial balance > Customise
Ø Iskan data berikut pada tabulasi Advanced Filters
Selected Period : 13th Period
Financial Year : This Year (tahun kejadian transaksi)
Ø Klik tabulasi Finishing beri tanda ( Ö ) pada pojok kanan kotak isian kemidian klik Display
Ø Klik tabulasi Finishing beri tanda ( Ö ) pada pojok kanan kotak isian kemidian klik Display
G.
MENCATAT
SALDO AWAL PIUTANG USAHA.
Ø Klik Setup pada menu baris > pilih Eeasy Setup Assistant
Ø Setelah muncul jendela Easy Setup Assistant pilih Sales
Ø Pilih Historical Sales pada pilihan dibagian kiri jendela Sales easy setup assistant
Ø Klik tombol Add Sale, kemudian klik dropdown pada field Customer Name
Ø Klik tombol New pada kotak dialog Select from list
Ø Isikan Name, Address, Phone dan Card Id customer, kemudian OK
Ø Klik dropdown pada field customer, selanjutnya klik duakali nama perusahaan yang baru dibuat
Ø Klik Terms, lalu jendela Credit Terms ditampilkan. Pada field Payment is Due : pilih In a Given # of Days dan pada field Balance Due Days : ketik 30 selanjutnya klik OK
Ø Ganti tanggal dan isikan pada field memo “Saldo awal piutang usaha PT…..”
Ø Pada field Total Including Tax isikan saldo awal piutang usaha sedangkan pad field Tax Code pilih VAT
Ø Tekan Ctrl + R untuk melihat jurnalnya
Ø Klik Record untuk menyimpan
Ø Klik Setup pada menu baris > pilih Eeasy Setup Assistant
Ø Setelah muncul jendela Easy Setup Assistant pilih Sales
Ø Pilih Historical Sales pada pilihan dibagian kiri jendela Sales easy setup assistant
Ø Klik tombol Add Sale, kemudian klik dropdown pada field Customer Name
Ø Klik tombol New pada kotak dialog Select from list
Ø Isikan Name, Address, Phone dan Card Id customer, kemudian OK
Ø Klik dropdown pada field customer, selanjutnya klik duakali nama perusahaan yang baru dibuat
Ø Klik Terms, lalu jendela Credit Terms ditampilkan. Pada field Payment is Due : pilih In a Given # of Days dan pada field Balance Due Days : ketik 30 selanjutnya klik OK
Ø Ganti tanggal dan isikan pada field memo “Saldo awal piutang usaha PT…..”
Ø Pada field Total Including Tax isikan saldo awal piutang usaha sedangkan pad field Tax Code pilih VAT
Ø Tekan Ctrl + R untuk melihat jurnalnya
Ø Klik Record untuk menyimpan
H.
MENCATAT
SALDO AWAL HUTANG USAHA
Ø Klik Setup pada menu baris > pilih Eeasy Setup Assistant
Ø Setelah muncul jendela Easy Setup Assistant pilih Purchases
Ø Pilih Historical Purchases pada pilihan dibagian kiri jendela Purchase easy setup assistant
Ø Klik tombol Add Purchase, kemudian klik dropdown pada field Supplier Name
Ø Klik tombol New pada kotak dialog Select from list
Ø Isikan Name, Address, Phone dan Card Id supplier, kemudian OK
Ø Klik dropdown pada field supplier, selanjutnya klik duakali nama perusahaan yang baru dibuat
Ø Klik Terms, lalu jendela Credit Terms ditampilkan. Pada field Payment is Due : pilih In a Given # of Days dan pada field Balance Due Days : ketik 30 selanjutnya klik OK
Ø Ganti tanggal dan isikan pada field memo “Saldo awal hutang usaha PT…..”
Ø Pada field Total Including Tax isikan saldo awal hutang usaha sedangkan pad field Tax Code pilih VAT
Ø Tekan Ctrl + R untuk melihat jurnalnya
Ø Klik Record untuk menyimpan
Ø Klik Setup pada menu baris > pilih Eeasy Setup Assistant
Ø Setelah muncul jendela Easy Setup Assistant pilih Purchases
Ø Pilih Historical Purchases pada pilihan dibagian kiri jendela Purchase easy setup assistant
Ø Klik tombol Add Purchase, kemudian klik dropdown pada field Supplier Name
Ø Klik tombol New pada kotak dialog Select from list
Ø Isikan Name, Address, Phone dan Card Id supplier, kemudian OK
Ø Klik dropdown pada field supplier, selanjutnya klik duakali nama perusahaan yang baru dibuat
Ø Klik Terms, lalu jendela Credit Terms ditampilkan. Pada field Payment is Due : pilih In a Given # of Days dan pada field Balance Due Days : ketik 30 selanjutnya klik OK
Ø Ganti tanggal dan isikan pada field memo “Saldo awal hutang usaha PT…..”
Ø Pada field Total Including Tax isikan saldo awal hutang usaha sedangkan pad field Tax Code pilih VAT
Ø Tekan Ctrl + R untuk melihat jurnalnya
Ø Klik Record untuk menyimpan
I.
MENCATAT
SEDIAAN BARANG DAGANGAN
Ø Pilih Inventory pada Command Centre, kemudian klik Item List
Ø Klik tombol New pada jendela Item List, maka ditampilkan jendela Item Information
Ø Pada tabulasi Profile ketikkan kode barang pada Item Number lalu tekan Enter pada keyboard, selanjutnya ketikkan nama barang pada field Name
Ø Beri tanda ( Ö ) pada I Buy This Item, I sell This Item dan I Inventory This Item yang ada pada bagian bawah jendela
Ø Pilih Inventory pada Command Centre, kemudian klik Item List
Ø Klik tombol New pada jendela Item List, maka ditampilkan jendela Item Information
Ø Pada tabulasi Profile ketikkan kode barang pada Item Number lalu tekan Enter pada keyboard, selanjutnya ketikkan nama barang pada field Name
Ø Beri tanda ( Ö ) pada I Buy This Item, I sell This Item dan I Inventory This Item yang ada pada bagian bawah jendela
Ø Selanjutnya
pada sebelah kanan jendela isikan data berikut :
Cost
of Sales Account :
Cost of Good Sold
Income
Account For Tracking Sales :
Sales
Asset
Account for Item Inventory :
Merchandise Inventory
Ø Lalu
klik OK
Ø Untuk
membuat metode Average Cost, klik Inventory > Set Item Price, pilih Avg Cost yang ada pada bagian bawah
jendela, selanjutnya klik tanda ( Ö ) pada pojokkiri atas
kemudian OK
Ø Untuk
mengisi saldo awal dan kuantitas barang dilakukan lewat Inventory > Adjust Inventory, selanjutnya ganti tanggal sesuai
dengan yang tertera pada lembar soal. Pada field Memo isilah dengan Saldo
Awal
Ø Isilah
Item Number, Quantity, Unit Cost, Amount sesuai
dengan data yang ada pada lembar soal, kemudian Record
J.
MEN-SETUP
TRANSAKSI AGAR TIDAK BISA DI HAPUS
Ø Klik Setup > Preferences, maka jendela Preferences akan di tampilkan
Ø Klik tabulasi Security, lalu beri tanda ( Ö ) pada kotak bagian kiri kalimat Transaktion CAN’T be Changed. They Must be Reversed [System=Wide]. Selanjutnya OK
Ø Klik Setup > Preferences, maka jendela Preferences akan di tampilkan
Ø Klik tabulasi Security, lalu beri tanda ( Ö ) pada kotak bagian kiri kalimat Transaktion CAN’T be Changed. They Must be Reversed [System=Wide]. Selanjutnya OK
K. PENCATATAN TRANSAKSI
a. Pembelian Barang Dagangan
Ø Klik
Purchases > Enter Purchases
Ø Klik
Layout pilih Item
Ø Masukkan
nama supplier lewat dropdown pada field Supplier
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Balance
Due Days :
30
(Jika pembelian dengan syarat
)
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Discount
Days :
10
Balance
Due Days :
30
%
Discount for Early Payment :
2% (tergantung soal [2/10 n/30])
(Jika pembelian dengan syarat
)
Ø Ubah
tanggal sesuai tanggal transaksi, serta kode pajak dengan VAT
Ø Isikan
jumlah barang pada Bill, tekan Tab
duakali, selanjutnya isikan kode
barang pada Item Number, harga barang
pada Price dan kosongkan Tax Inclusif disebelah pojok kanan
atas.
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
b.
Penjualan
Barang Dagangan
Ø Klik
Sales > Enter Sales
Ø Klik
Layout pilih Item
Ø Masukkan
nama customer lewat dropdown pada field Customer
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Balance
Due Days :
30
(Jika penjualan dengan syarat
)
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Discount
Days :
10
Balance
Due Days :
30
%
Discount for Early Payment :
2% (tergantung soal [2/10 n/30])
(Jika penjualan dengan syarat
)
Ø Ubah
tanggal sesuai tanggal transaksi, serta kode pajak dengan VAT
Ø Isikan
jumlah barang pada Ship, tekan Tab
duakali, selanjutnya isikan kode
barang pada Item Number, harga barang
pada Price dan kosongkan Tax Inclusif disebelah pojok kanan
atas.
Ø Isikan
Paid Today sejumlah penjualannya jika transaksi penjualan tunai, kosongkan
Paid Today jika transaksi penjualan kredit dan isikan Paid Today sejumlah kas yang diterima jika transaksi penjualan kredit dengan uang muka.
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
c.
Retur
Pembelian
Ø Klik
Purchase > Purchase Register >
Returns & Debits > New Purchase
Ø Klik
Layout pilih Item
Ø Masukkan
nama supplier lewat dropdown pada field Supplier
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Balance
Due Days :
30
(Jika pembelian dengan syarat
)
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Discount
Days :
10
Balance
Due Days :
30
%
Discount for Early Payment :
2%
(Jika pembelian dengan syarat
)
Ø Ubah
tanggal sesuai tanggal transaksi, serta kode pajak dengan VAT
Ø Isikan
jumlah barang yang di retur dengan menggunakan tanda minus (-) pada Received,
tekan Tab duakali, selanjutnya isikan
kode barang pada Item Number, harga
barang pada Price dan kosongkan Tax Inclusif disebelah pojok kanan
atas.
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
Ø Untuk
mencatat pengurangan terhadap hutang klik Returns
& Debits, klik transaksi retur, kemudian klik tombol Apply to Purchase yang ada pada bagian
bawah jendela, sedangkan untuk transaksi pembelian tunai klik tombol Receive Refund
Ø Isikan
pada field Amount Applied sejumlah
harga barang yang di retur, tekan Enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
d.
Retur
Penjualan
Ø Klik
Sales > Sales Register > Returns
& Credit > New Sale
Ø Klik
Layout pilih Item
Ø Masukkan
nama customer lewat dropdown pada field Customer
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Balance
Due Days :
30
(Jika penjualan dengan syarat
)
Ø Klik
Term isikan :
Payment
is Due :
In a Given # of Days
Discount
Days :
10
Balance
Due Days :
30
%
Discount for Early Payment :
2%
(Jika penjualan dengan syarat
)
Ø Ubah
tanggal sesuai tanggal transaksi, serta kode pajak dengan VAT
Ø Isikan
jumlah barang yang di retur dengan menggunakan tanda minus (-) pada Ship, tekan Tab duakali, selanjutnya isikan kode barang pada Item Number, harga barang pada Price dan kosongkan Tax Inclusif disebelah pojok kanan atas.
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
Ø Untuk
mencatat pengurangan terhadap piutang klik Returns
& Credits, klik transaksi retur, kemudian klik tombol Apply to Sale yang ada pada bagian
bawah jendela, sedangkan untuk transaksi penjualan tunai klik tombol Pay Refund
Ø Isikan
pada field Amount Applied sejumlah
harga barang yang di retur, tekan enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
e.
Penerimaan
Pelunasan Piutang
Ø Klik Sales > Receive Payment
Ø Pilih Deposit to Account, isi dengan Cash In Bank
Ø Masukkan
nama customer lewat dropdown pada field Customer
Ø Isi
tanggal transaksi, isi field Amount
Received sejumlah kas yang diterima, Enter
Ø Klik
kolom Amount Applied hingga muncul
jumlah uang yang diterima kemudian Enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
f. Pembayaran
Hutang
Ø Klik
Purchase > Pay Bills
Ø Pada field Account pilih Cash in Bank
Ø Masukkan
nama supplier lewat dropdown pada field Supplier
Ø Isi
tanggal transaksi, isi field Amount sejumlah
kas yang dikeluarkan, Enter
Ø Klik
kolom Amount Applied hingga muncul
jumlah uang yang dibayarkan kemudian
Enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
g.
Pengeluaran
Kas Selain untuk Pembayaran Hutang dan Kas Kecil
Ø Klik
Banking > Spend Money
Ø Pada field Account pilih Cash in Bank
Ø Isi
tanggal transaksi, isi field Amount sejumlah
kas yang dikeluarkan, Enter
Ø Isi
field Memo, sesuai dengan keterangan
pengeluaran kas
Ø Pada
kolom Acc # isikan nomor akun
terkait dan pada kolom Amount isikan
jumlah uang yang di keluarkan, Enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
h.
Penerimaan
Kas Selain dari Penerimaan Pelunasan Piutang
Ø Klik
Banking > Receive Money
Ø Pada field Deposit to Account pilih
Cash in Bank
Ø Isi
tanggal transaksi, isi field Amount
Received sejumlah kas yang diterima, Enter
Ø Isi
field Memo, sesuai dengan keterangan
penerimaan kas
Ø Pada
kolom Acc # isikan nomor akun
terkait dan pada kolom Amount isikan
jumlah uang yang di terima, Enter
Ø Tekan
Ctrl + R untuk melihat jurnal
transaksi
Ø Selanjutnya
klik Record
i. Pengeluaran
Kas Kecil
Ø Klik Accounts >
Record Journal Entry
Ø Isi
tanggal transaksi serta Isi field Memo,
sesuai dengan keterangan pengeluaran kas kecil
Ø Masukkan
jurnal transaksi denagan cara : pada kolom Acc
# isikan nomor akun terkait dan pada kolom Debet dan Kredit isikan jumlah uang yang dikeluarkan, Enter
Advertising Expense Rp.20.000
Petty
Cash Rp.20.000
Cukup semene bae yo, nek ana pitakon apa protes coret-coret ndek ngisor kono. Pertanyaan-pertanyaan seputar akuntansi perusahaan Dagang, Jasa dan manufaktur maupun Perbankan Syari'ah bisa ditulis di kolom komentar, insyaallah saya gawekkan ulasannya. nuwun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar